5 Kemampuan Universal yang Harus
Dimiliki Karyawan
GloriaNet
- Perkembangan dan memasuki era
globalisasi membuat karyawan haruslah menjadi karyawan potensial. Tentunya
karyawan tersebut juga harus memiliki kemampuan universal. Karenanya penting
bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuan universal tersebut. Hal tersebut
dinilai penting karena semakin banyak kemampuan yang dikuasai maka peluang
untuk mengalahkan para pesaing yang memperebutkan suatu lowongan pekerjaan dan
keberhasilan dalam berkarir akan semakin besar.
Kemampuan
merupakan kombinasi dari bakat tertentu, kualitas pribadi, dan atribut-atribut
yang dibawa dalam suatu jabatan, serta tugas-tugas yang dipelajari oleh
individu selama bekerja. Kebanyakan dari mereka yang menyadari akan kemampuannya
dan dapat menjelaskannya kepada perusahaan yang dituju, mendapatkan pekerjaan
yang ditawarkan dan dapat menikmati karirnya.
Mau
tahu kemampuan-kemampuan universal yang dibutuhkan? Berikut 5 kemampuan
universal tersebut. Anda simak!
1. Kemampuan komunikasi
Meliputi kemampuan untuk
mendengarkan, berbicara, dan menulis dengan efektif, menegosiasikan
kesulitan-kesulitan yang terjadi, dan meyakinkan orang tentang ide-ide Anda.
2. Kemampuan
memecahkan masalah dan berpikir kritis
Meliputi kemampuan berpikir secara
analitis dan abstrak dengan empertimbangkan berbagai perspektif, dan kemampuan
mengidentifikasi beragam cara pemecahan yang potensial untuk masalah yang sama.
3. Kemampuan hubungan interpersonal
Meliputi kemampuan menjalin
kerjasama dengan berbagai kelompok dan atau individu untuk mewujudkan suatu ide
atau tujuan perusahaan; mengajar, menasehati, atau melatih orang lain.
4. Kemampuan organisasional
meliputi kemampuan untuk mencari
tahu kebutuhan pasar, merencanakan atau mengatur presentasi, mendelegasikan
tanggung jawab, merancang dan mengkoordinasi acara-acara, serta mengatur
pelaksanaan proyek.
5. Kemampuan riset
Meliputi kemampuan database
komputer, mengidentifikasi permasalahan, menganalisa, mengelompokan, dan
menyimpan data, serta menangani tugas-tugas khusus.
Selain
5 kemampuan di atas, beberapa perusahaan juga melihat kualitas karyawan dari
rasa percaya diri, keinginan untuk menerima tanggung jawab, inisiatif,
kepemimpinan, fleksibilitas, kemampuan menangani konflik dan stress,
pengetahuan umum, kecerdasan, tingkat energi atau kekuatan, dan imajinasi. Satu
faktor penting yang lain adalah karakteristik pribadi si karyawan (WWH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar